Minggu, 02 Juni 2013

KEAMANAN JARINGAN

Oke, sekarang hari minggu. Tepat 1 hari sebelum UAS semester genap dimulai ( eee , ,bukannya belajar malah ngeblog, tapi gapapalah sekali-kali , hehe ). Sekarang ane mau sedikit share tentang keamanan jaringan nih,ya sekalian buat nginget - nginget materi buat besok ujian. haha. Sebenernya buat apa sih keamanan jaringan itu ? * sebenernya ane juga bingung buat apa. haha. Tapi menurut referensi yang ane baca tujuan kita mempelajari keamanan jaringan ya buat melindungi sistem dan jaringan kita dari serangan - serangan orang - orang "kepo-ers" & "mau tau banget" + "mau tau banget banget". Jaman sekarang ini memang teknologi sudah sangat maju pesat, keamanan jaringan pun sudah semakin keren - keren dan canggih - canggih. Nah, tetapi para "kepo-ers" itu juga semakin canggih saja mengikuti perkembangan keamanannya. Oleh karenanya kita sebagai ahli IT ( yakin ahli IT ?? ) tidak boleh pantang menyerah untuk terus meningkatkan keamanan sistem kita supaya data-data kita aman,terjaga dan terlindungi dari serangan para  "kepo-ers" tadi. Berikut merupakan beberapa individu - individu yang terlibat dalam penyerangan ini.

1. White - Hat : merupakan seseorang yang memasuki sistem yang tentunya bukan miliknya dengan tujuan menguji kerentanan suatu sistem. Setelah dia berhasil menemukan titik lemah tersebut, dia akan melaporkan kepada pemilik dari sistem tersebut tentang kerentanan sistemnya. ( bisa dikategorikan tidak jahat - menurut ane ). 

2. Hacker : secara historis, hacker sebenarnya merupakan sebuah sebutan yang menggambarkan seorang ahli pemrograman komputer. Akan tetapi, akhir - akhir ini orang - orang sering menganggap kalau hacker merupakan seorang yang masuk ke dalam sistem yang bukan miliknya kemudian merusaknya. Padahal, hacker merupakan seorang yang memang masuk ke dalam sistem yang bukan miliknya, akan tetapi dia tidak akan merusak atau mengotak - atik sistem tersebut. Dalam artian bahwa dia hanya ingin tau apa yang ada di dalam sistem tersebut.

3. Black - Hat : lawan dari White - hat, merupakan seseorang yang menggunakan pengetahuan mereka tentang sistem komputer untuk memasuki sistem yang bukan hak dia. Biasanya hal tersebut digunakan untuk meraih keuntungan bagi dirinya sendiri ( keuntungan financial contohnya ). Cracker merupakan contoh dari kejahatan ini.

4. Cracker : merupakan seseorang ( dalam arti lebih spesifik ) yang mencoba memasuki suatu sistem yang bukan miliknya dengan tujuan jahat ( merusak sistem atau yang lainnya ).

5. Spammer : merupakan seseorang yang mengirimkan pesan - pesan melalui e-mail dengan jumlah besar. Memang hal tersebut tidak terlalu berarti sekali bahayanya, tetapi terkadang sebagai pemilik e-mail yang menerima e-mail akan merasa kesal karena mendapatkan e-mail yang isinya biasanya tidak penting. Dalam penyebaran e-mail ini spammer biasanya menggunakan virus untuk menyebarkan secara masal.

6. Phisher : merupakan seseorang yang menggunakan media e-mail ataupun media yang lain untuk mengakali korban sehingga korban secara tidak sadar akan mengirimkan informasi pribadinya tersebut. 

7. Phreaker : merupakan seseorang yang memanipulasi jaringan telepon sehingga jaringan akan melakukan fungsi yang seharusnya tidak diijinkan. Hal ini biasanya dilakukan dengan tujuan tidak mau merugi untuk melakukan suatu hal yang seharusnya berbayar. Sebagai contoh : seorang phreaker akan memanipulasi jaringan telepon sehingga saat dia mengobrol dengan temannya melalui media telpon dengan jarak jauh tidak akan dikenakan biaya sedikitpun.

Apapun alasan dan tujuannnya, kejahatan tetaplah kejahatan. Sebagai seorang insan manusia yang beriman dan bertaqwa, hendaknya kita tidak mencuri - curi informasi yang memang seharusnya kita tidak boleh tau atau bukan hak milik kita. Jika memang kita bermaksud untuk mendapatkan informasi,mintalah atau ijinlah kepada pemiliknya terlebih dahulu. ( aduh , omongannya udah berat nih T^T ).


Sumber : Cisco Networking Academy Exploration 4

0 komentar:

Posting Komentar